Cara Menghitung Perkalian Menggunakan Metode Gelosia

Posted by Misbahul Munir on Tuesday 12 May 2015


Kali ini saya akan berbagi tentang perkalian menggunakan gelosia, langsung saja ke soal biar gak lama-lama. hehehe... Misalnya kita akan menghitung 278 X 34 = ..... 
Langkah-langkah menggunakan perkalian gelosia:
1. Buatlah persegi sesuai angka yang dibutuhkan, tariklah garis secara diagonal disetiap persegi.
2. Langkah pertama kalikan angka 2 dengan 3, kemudian masukkan hasilnya pada persegi dibawah angka 7.
    Segitiga yang dibagian atas diisi dengan angka puluhan, sedangkan segitiga pada bagian bawah diisi dengan angka satuan. Apabila tidak ada angka puluhan maka angka yang dituliskan disegitiga bagian atas yaitu angka 0. Untuk angka satuan yang dituliskan di segitiga bagian bawah yaitu 6.
3. Langkah kedua kalikan angka 7 dengan 3 dan tuliskan hasilnya dibawah angka 7, segitiga bagian atas angka 2 dan segitiga bagian bawah angka 1.
4. Langkah ketiga kalikan angka 8 dengan 3, segitiga bagian atas angka 2 dan segitiga bagian bawah angka 4.
5. Langkah keempat kalikan angka 2 dengan 4, tuliskan hasilnya pada kotak yang sejajar dengan angka 4 dan dibawah angka 2. Pada segitiga bagian atas tuliskan angka 0 dan segitiga bagian bawah angka 8.
6. Langkah kelima kalikan angka 7 dengan 4, tuliskan hasilnya pada kotak yang sejajar dengan angka 4 dan dibawah angka 7. Pada segitiga bagian atas tuliskan angka 2 dan segitiga bagian bawah angka 8.
7. Langkah keenam kalikan angka 8 dengan 4, tuliskan hasilnya pada kotak yang sejajar dengan angka 4 dan dibawah angka 8. Pada segitiga bagian atas tuliskan angka 3 dan segitiga bagian bawah angka 2.
8. Langkah ketujuh jumlahkan hasil perkalian secara diagonal kebagian kiri bawah dari pojok kanan bawah persegi besar. Tuliskan angka 2 pada bagian pojok kanan bawah.
9. Langkah kedelapan hitung 4 + 3 + 8, tuliskan angka 5 pada sebelah kiri angka 2, dan simpan hasil penjumlahannya.
10. Langkah kesepuluh seperti langkah kedelapan, jika sudah selesai dijumlahkan semuanya secara diagonal kekiri didapatkan hasil ditulis dari bagian kiri atas sampai pojok kanan bawah yaitu 9,452.

Terima Kasih.........
Semoga dapat bermanfaat..........

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment